Perkembangan Komputer


PERKEMBANGAN KOMPUTER

Generasi komputer :

  1. Generasi ke 1 : memperkenalkan ENIAC (Electronic Numerical Integrator dan Calculator) berat : 30 ton, dioperasikan 18000 tabung gelas kosong
  2. Generasi ke 2 : digunakan transistor (penghubung kecil yang mengontrol arus listrik) S/W : Fortran
  3. Generasi ke 3 : digunakan IC (Integrated Circuit)
  4. Generasi ke 4 : LSI (Large Scale Integrated), merupakan gabungan beberapa IC yang dijadikan satu dalam sebuah chip
  5. Generasi ke 5 : VLSI (Very LSI)

Jenis komputer bedasarkan ukuran :

–          Mainframe : ukuran sebesar ruangan

–          Mini computer : ukuran sebesar meja

–          Micro computer : ukuran PC

Dari personal computer terbagi menjadi beberapa jenis :

–          Komputer genggam (handeld)

Komputer ini mempunyai peraga satu baris yang dapat mmemperagakan 12-64 karakter dalam satu waktu

–          Komputer notebook

–          Komputer portable

–          Komputer meja

Perangkat keras utama PC :

1.  CPU (Mikroprocessor)

Adalah sebuah keping tunggal yang merupakan otak microcomputer. Tugas : menghitung, membuat keputusan logis dan mengontrol pengolahan (processing). Maka μP merupakan penentu utama dari kekuatan dan kecepatan penghitungan suatu sistem komputer.

2.  RAM (Random Access Memory)

Digunakan untuk alat simpan utama (primary storage/main memory) komputer. Karena data yang disimpan pada tiap lokasi dapat langsung dibaca/ditulis pada waktu bersamaan. Besarnya RAM dinyatakan dalam unit-unit yang berukuran 1024 byte (1 kb). Makin banyak RAM yang dimiliki, makin banyak program yang dijalankan dan makin besar data yang dapat ditangani tanpa haus akses ke alat simpan kedua.

Struktur dari RAM :

  • Input storage : untuk menampung input yang dimasukkan melalui alat input
  • Program storage : untuk menyimpan semua instruksi-instruksi program yang akan diproses
  • Working storage : untuk menyimpan data yang akan diolah dan hasil dari pengolahan
  • Output storage : untuk menampung hasil akhir dari pengolahan data yang akan ditampilkan ke alat input

3.  ROM (Read Only Memory)


Jenis ROM :

  • Prom (Programable ROM) dapat diisi oleh pemakai dan diperlukan PROM Programmer
  • EPROM (Erasable PROM) dapat diprogram dan dapat dihapus dengan sinar UV
  • EEPROM ( Electrically EPROM) dapat diprogram dan dihapus dengan tegangan listrik.

1. Alat simpan kedua

Karena RAM menjadi bersih tiap kali komputer dimatikan, beberapa alat simpan kedua (secondary storage) diperlukan sebagai bagian dari tiap sistem komputer, cth : Pita kaset, floppy disk, harddisk, USB

2. Interface

Adalah suatu hubungan antara CPU komputer dengan sebuah alat yang beroperasi di bawah kontrol CPU. Alat tersebut (unit periferal) mengerjakan fungsi input, output dan penyimpanan. Contoh : disk drive, keyboard, monitor, alat cetak, plotter, modem.

Ada 3 komponen H/W yang membuat hubungan tersebut dapat dilakukan :

4.  BUS

Adalah sekelompok jalur/kabel yang menghubungkan berbagai macam komponen internal dan eksternal sistem komputer ke CPU.

Terbagi dalam 3 sub kelompok :

  • Address bus : membawa sinyal-sinyal untuk menunjukan lokasi memori yang akan dibaca/ditulis
  • Data bus : membawa instruksi-instruksi dan data ke dan dari main memory
  • Control bus : membawa suatu operasi (membaca/menulis) yang dikerjakan memori.

INTERFACE SERIAL

Contoh : komputer dan modem dihubungkan dengan sebuah interface serial RS 232C

INTERFACE PARALEL

Contoh : komputer dan printer

5.  CPU

  1. ALU (Arithmatic Logic Unit)

Melaksanakan perhitungan

  1. Control unit

Bertugas :

–          Mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada sistem komputer

–          Mengatur kapan alat input menerima data dan kapan data diolah dan kapan ditampilkan pada alat output

  1. Register

Digunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang sedang di proses oleh CPU. Misal : hitung C=A+B ( nilai A dan B disimpan di register), hasil pengolahan/nilai C disimpan di main memory.

Math-Co : Untuk perhitungan matematika yang rumit

IR dan RC : register yang berhubungan dengan instruksi yang sdang diproses

IR (Instruction Register) : untuk menyimpan instruksi yang sedang diproses. Program yang berisi kumpulan dari instruksi, pertama kali disimpan di main memory. Pemrosesan program di lakukan instruksi per instruksi. Instruksi yang mendapat giliran untuk di proses, diambil dari main memory dan disimpan di IR.

PC (Program Counter) : untuk menyimpan alamat (address) lokasi dari main memory yang berisi instruksi yang sedang diproses.

MAR (Memory Address Register)

Untuk menampung alamat data/instruksi di main memory yang akan diambil/disimpan. Bila instruksi/data diambil dari main memory, maka main memory harus diberitahu, letak alamat dari data/instruksi tersebut di main memory oleh address bus.

MDR (Memory Data Register)

Untuk menampung data/instruksi hasil pengiriman dari main memory ke CPU/menampung data yang akan direkam ke main memory dari hasil pengolahan CPU. Instruksi/data yang diambil dari main memory dikirimkan ke CPU lewat data bus dan diterima dahulu di MDR dan akan dipindahkan ke IR bila berbentuk instruksi/PC bila berbentuk data.

Accumulator : menampung hasil pengolahan

PERANGKAT LUNAK

  1. Sistem pengoperasian

Merupakan suatu elemen yang menggabungkan H/W dan S/W secara bersama dalam suatu integrasi. OS merupakan program pertama yang dikerjakan ketika komputer dinyalakan dan merupakan program terakhir sebelum komputer dimatikam\n.

OS dapat didefinisikan sebagi serangkaian program yang mengontrol, memeriksa dan mendukung suatu perangkat keras sistem komputer,

OS menyediakan pelayanan yang berharga :

  • Penggunaan bersama perangkat keras diantara pemakai (multitasking)
  • Memungkinkan para pemakai menggunakan program dan data secara bersama (multiprocessing dan multisharing)
  • Membuat para pemakai dapat melindungi data mereka (security)
  • Menjadwal pemakaian sumber
  • Memberi fasilitas pengoperasian masukan, keluaran dan penyimpanan kedua
  • Memperbaiki error

Bertindak sebagai pendukung :

  • OS menhubungkan S/W dengan H/W

Program memanggil OS untuk menangani detail-detail yang berkaitan dengan pengontrolan H/W

  • OS menghubungkan user dengan sistem komputer

OS menentukan bagaimana pemakai berkomunikasi dengan sistem komputer dan mengontrol sistem komputer secara keseluruhan.

  1. Bahasa pemrograman

Adalah serangkaian simbol-simbol dan aturan pemakai yang digunakan untuk mengarahkan pengoperasian komputer. Ada 4 kategori umum :

  • Bahasa mesin

Terdiri dari angka biner yang mewakili instruksi-instruksi, lokasi memori dan data yang perlu untuk memecahkan problem spesifik

  • Bahasa rakitan (assembly)

Terdiri dari singkatan-singkatan yang yang mudah diingat (mnemonics)

  • Bahasa tingkat tinggi (bahasa prosedural)

Bahasa ini diterjemahkan ke bahasa mesin (cth : compiler/interpreters)

Compiler : menerjemahkan seluruh program sekaligus

Interpreter : menerjemahkan dan mengerjakan satu pernyataan pada satu waktu

  • Bahasa Nonprosedur (bahasa generasi ke 4/4 Gl’s)

Bahasa ini mencoba membuat pemakai dapat semudah mungkin mengatakan pada komputer apa yang mereka inginkan untuk dikerjakan secara spesifik oleh komputer.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s