Bahasa pemrograman


Macam-Macam Bahasa Pemrograman

1. BAHASA C
1.1 Sejarah Bahasa C
Akar dari bahasa C adalah bahasa BCPL yang dikembangkan oleh Martin Richar pada tahun 1967. Bahasa ini memberikan ide kepada  Ken Thompson yang kemudian mengembahngkan bahasa yg disebut bahasa B pada tahun 1970. Perkembangan selanjutnya dari bahasa B adalah bahasa C Denies Ricthie sekitar tahun 1970-an di Bell Telepon Laboratories Inc. (Sekarang adalah AT&T Bell Laboratories). Bahasa C pertama kali di gunakan di komputer digital equipment Corportaion PDP-11 yang menggunakan sistem operasi UNIX.

Kepopuleran bahasa C  membuat versi-versi dari bahasa ini banyak dibuat untuk komputer mikro. Untuk membuat versi-versi tersebut standar, ANSI(American National Standards Institute) membuat sualtu komite
(ANSI Committee X3J11) pada tahun 1983 yang kemudian menetapkan standar ANSI untuk bahasa C. Standar ANSI ini didasarkan dari standar UNIX yang diperluas.

Sandar ANSI menetapkan sebanyak 32 buah kata-kata kunci standar.
Bahasa C bukan merupakan OOP (Object Oriented Programming), Stripping Languange, maupun Visual programming. Klo diibaratin ama manusia ni bahasa C juga punya kelemahan sama kekurangannya yaitu…..

1.2 Kelebihan dan Kekurangan
Kelebihan:

  • Bahasa C tersedia hampir di seluruh jenis komputer

Bahasa C merupakan Bahasa komputer yag tersedia baik di koputer mikro maupun di komputer besar (mainframe computer).

  • Kode bahasa C sifatnya adalah portable

Aplikasi yang ditulis dengan bahasa C untuk suatu komputer tertentu dapat digunakan di komputer lain hanya dengan modifikasi yang sedikit saja.

  • Bahasa C hanya menyediakan sedikit kata kunci.

Telah kita ketahui bahwa bahasa C standar ANSI cuma menyaratkan sebanyak 32 kata-kata kunci kunci dan turbo hanya menyediakan 39 kata-kata kunci. Coba kita bandingin dengan bahasa-bahasa yang lain yang emang nyediain ratusan kata-kata kunci. Semakin sedikit kata-kata kunci yang digunakan oleh suatu bahasa, semakin mudah bagi si pemakai buat mempelajari sama ngegunain bahasa itu.

  • Proses executable program bahasa C lebih cepat

Karena philosoli bahasa C yang emang cuma nyediain sedikit kata-kata kunci, maka konsekuensinya program hasil dari kompilasi bahasa C bisa dibmasing-masing ilang relatip akan lebih cepat prosesnya di bandingkan dengan hasil dari bahasa lain.

  • Dukungan pustaka yang banyak

Telah disebutkan bahwa keandalan bahasa C dicapai dengan fungsi-fungsi pustakanya. Fungsi-fungsi pustaka ini disediakan oleh versi-versi bahasa C masing-msing atau dapat dibeli dari sumber yang lain. Ribuan fungsi-fungsi pustaka C telah tersedia di pasaran sampai sekarang, mulai dari fungsi-fungsi pustaka yang sederhana sampai dengan yang rumit, misalnya itu funsi pustaka untuk membuat indeks dari file database menggunakan B+ tree yang digunakan di dBASE.

  • C adalah bahasa yang terstruktur

Bahasa C mempunyai struktur yang baik sehingga mudah untuk dipahami. C disubut dengan bahasa yang terstruktur karena menggunakan fungsi-fungsi sebagai program-program bagiannya. Struktur bahasa C yang baik akan, selain mudah dipelajari, juga memudahkan dalam pembuatan program, memudahkan pelacakan kesalahan program da aka menghasailkan dokumentasi program yang baik.

Kekurangan :

  • Banyaknya Operator serta fleksibilitas penulisan program kadang-kadang membingungkan pemakai.
  • Bagi pemula pada umumnya akan kesulitan menggunakan pointer

1.3 Aplikasi Bahasa C

  • Bahasa C pertama kali digunakan di Computer Digital Equipment Corporation PDP-11 yang menggunakan system operasi UNIX
  • Bahasa C juga digunakan untuk menyusun operasi Linux
  • Banyak bahasa pemrogaman popular seperti PHP dan Java menggunakan sintaks dasar mirip bahasa C.

Contoh programnya :
#include
#include
void main()
{
long int D;
unsign long int Mulai,B;

clrscr();
printf(“Masukkan Nilai Integer ?”) ;
scanf(“%1d,&D”);

printf(“\n”);
printf(“Nilai binarinya :”);
mulai=pow (2,sizeof(D)*8-1);
for (B=Mulai; B>0;B=B/2)

if(D&B)==B)printf(“1”);
else printf(“0”);
printf(“\n”);
printf(“Nilai Heksadesimalnya =%1x\n”,D)
}

2. C++
1.1 Sejarah
Mulai awal tahun 1980, Bjarne Stroustrup dari AT & T Bell Laboratories mulai mengembangkan bahasa C. Pada tahun 1985, lahirlah secara resmi bahasa baru hasil pengembangan C yang dikenal dengan nama C++. Sebenarnya bahasa C++ mengalami dua tahap evolusi. C++ yang pertama, dirilis oleh AT&T Laboratories, dinamakan cfront. C++ versi kuno ini hanya berupa kompiler yang menterjemahkan C++ menjadi bahasa C.

Pada evolusi selanjutnya, Borland International Inc. mengembangkan kompiler C++ menjadi sebuah kompiler yang mampu mengubah C++ langsung menjadi bahasa mesin (assembly). Sejak evolusi ini, mulai tahun 1990 C++ menjadi bahasa berorientasi obyek yang digunakan oleh sebagian besar pemrogram professional.

2.2 Kelebihan dan Kekurangan
C++ itu kan pada dasarnya bahasa C juga, nah kemampuan C yang utama itu adalah seperti :

  • mampu mengakses komponen hardware komputer dengan syntax yang lebih manusiawi dibanding Assembly bahasa Standard-nya.
  • ANSI bisa dipakai diberbagai platform
  • kecepatan program jika dibanding dengan program yang sama buatan bahasa lain, relatif lebih cepat…

Kelebihan C++ mencakup semua kelebihan C namun dengan tambahan seperti misalnya yang utama penanganan kompleksitas dengan OOP

Kekurangan:
Salah satu kelemahan C++ adalah kurangnya library built in, sehingga untuk proses-proses tertentu kita harus membuat sebuah program nearly built from scratch, atau dari dasar sekali. Terlebih lagi bahasa C++ dewasa ini kurang begitu popular karena kita masih memikirkan pemrograman dari sisi mesin ketimbang memikirkan probis (proses bisnis) yang seharusnya menjadi tujuan kita.

2.3 Aplikasi bahasa C++

  • Sebagai bahasa pemrograman di Windows, UNIX, Linux.
  • Visual C++ dapat dibuat aplikasi apa saja seperti database.
  • Bahasa untuk pembuatan system operasi, game, system kendali,pembuatan aplikasi
  • Untuk membuat bahasa baru atau membuat compiler bahasa baru
  • Untuk menulis komponen dan file-file pustaka bahasa lain

Contoh programnya :
#include
int main ()
{
int n;
cout << “Enter the starting number > “;
cin >> n;

while (n>0) {
cout <<> 8
8, 7, 6, 5, 4, 3, 2, 1, FIRE!

3. JAVA
3.1 Sejarah
Java mulai dirilis pada tahun 1990 sebagai bahasa program yang disebut Oak, Kemudian Sun MycroSystem mendirikan kelompok kerja yang terdiri atas para programmer handal untuk membuat produk baru dan memperluas pasar Sun.Oak didesain pertama kali untuk personal digital assistance yang disebut *7 yang akan dipasarkan Sun dengan fasilitas Graphical User Interface.

Ternyata *7 tidak pernah dipasarkan dan secara kebetulan Sun membentuk suatu perusahaan yang disebut Firstperson untuk mengembangkan *7 dalam bentuk TV set-top boxes untuk televisi interaktif. Karena persaingan yang begitu ketat akhirnya prospek TV interaktif menurun dan akhirnya Oak tidak laku di pasaran. Akan tetapi semenjak FirstPerson dan Oak mengalami kegagalan bermunculanlah para perintis internet khususnya World Wide Web seperti Netscape yang mulai membuat software yang memungkinkan terjadinya koneksi antara Internet dengan WWW. Sun akhirnya menyadari bahwa Oak memiliki kemungkinan besar untuk membuat jalur akses ke dunia Web. Tidak lama kemudian Oak diluncurkan di Internet dengan nama baru, yaitu Java.

Sekarang ini Java masih dalam taraf pengembangan dan sudah mulai mempengaruhi arah pemrogaman komputer dan internet.Bahasa pemrograman Java dirilis secara gratis di internet dan Sun memberikan lisensi penuh terhadap implementasi Java dan segala komponennya untuk digunakan di berbagai vendor software Internet dengan harapan supaya dapat menciptakan standard bagi pemrograman web.

Java adalah bahasa pemrograman berorientasi objek murni yang dibuat berdasarkan kemampuan-kemampuan terbaik bahasa pemrograman objek sebelumnya (C++, Ada, Simula).

3.2 Kelebihan dan Kekurangan
Kelebihan:

  • Sederhana dan Ampuh

Kita dapat belajar membuat program dengan Java secara cepat jika telah memahami konsep dasar pemrograman berorientasi objek yaitu hanya perlu mengerti beberapa konsep untuk dapat menulis program yang memuaskan. Java tidak memiliki hal-hal yang mengejutkan dan aneh. Tidak seperti bahasa pemrograman lain yang menawarkan puluhan cara untuk melakukan satu pekerjan, tetapi semua itu dibutuhkan ketelitian dan tingkat kerumitan yang tinggi.

  • Aman

Kebanyakan masalah keamanan terutama aplikasi jaringan internet yang dihasilkan dari sistem lama terjadi karena sistem tidak dirancang dengan konsep keamanan Internet. Salah satu prinsip kunci perancangan Java adalah keselamatan dan keamanan. Java tidak pernah memiliki fasilitas dan keamanan yang tidak aman sampai perlu ditangani secara khusus untuk pengamanannya. Oleh karena itu, program Java tidak dapat memanggil fungsi-fungsi global dan memperoleh akses ke berbagai sumber dalam sistem karena terdapat sejumlah pengawasan yang dilakukan oleh program Java yang tidak dapat dilakukan oleh sistem lain.

  • Berorientasi Objek

Java tidak diturunkan bahasa pemrograman manapun, juga sama sekali tidak kompatibel dengan semuanya. Hal ini dikarenakan adanya kebebasan dalam rancangan maka dipilih pendekatan yang jelas berguna, dan pragmatis. Modul objek Java adalah sederhana dan mudah dikembangkan namun sejalan dengan itu, bilangan dan tipe data sederhana lain dianggap sebagai non objek berkinerja tinggi. Kebanyakan sistem berorientasi objek lain memilih hirarki objek yang kaku dan susah diatur atau memilih menggunakan model objek dinamik yang tidak memiliki kinerja tinggi dan kelengkapan . Java sekali lagi memiliki keseimbangan yang menyediakan mekanisme peng-class-an sederhana dengan model antarmuka dinamik yang intuitif hanya jika diperlukan. Memahami gaya pemrograman berorientasi objek sangat penting dan membantu mempelajari bagaimana membuat program dengan Java.

Kekurangan:

  • Java memiliki kecepatan yang kurang dari bahasa C ++
  • Implementasi J2ME tidak global. Misalnya, J2ME untuk Motorola dengan J2ME untuk Sony Ericson tidak sama. Berbeda lagi J2ME untuk Nokia. Setiap produk selalu mempunyai modul tersendiri yang dinilai aneh penerapannya dan harus di-compile dengan modul yang berbeda-beda.
  • Java memakan banyak memori computer
  • Java merupakan bahasa yang kompleks dan susah dipelajari
  • Program yang dibuat oleh bahasa ini lebih lambat dibanding program yang dibuat dengan bahasa lain seperti C atau C++.

3.3 Aplikasi bahasa Java

  • Pemrograman jaringan
  • Pembuatan aplikasi berbasis windows
  • Program untuk membuat web

Contoh sitaks pengulangan atau looping pada bahasa Java dengan menggunakan While:

Cara Penulisan:

while ( condition )

statement;

Contoh:

while ( count<=10 ){

System.out.println(“count belum lewat 10″);

}

4.Visual Basic
4.1 Sejarah
Bill Gates, pendiri Microsoft, memulai bisnis softwarenya dengan mengembangkan interpreter bahasa Basic untuk Altair 8800, untuk kemudian ia ubah agar dapat berjalan di atas IBM PC dengan sistem operasi DOS. Perkembangan berikutnya ialah diluncurkannya BASICA (basic-advanced) untuk DOS. Setelah BASICA, Microsoft meluncurkan Microsoft QuickBasic dan Microsoft Basic (dikenal juga sebagai Basic Compiler). Sejarah BASIC di tangan Microsoft sebagai bahasa yang diinterpretasi (BASICA) dan juga bahasa yang dikompilasi (BASCOM) membuat Visual Basic diimplementasikan sebagai gabungan keduanya.
Programmer yang menggunakan Visual Basic bisa memilih kode terkompilasi atau kode yang harus diinterpretasi sebagai hasil executable dari kode VB. Sayangnya, meskipun sudah terkompilasi jadi bahasa mesin, DLL bernama MSVBVMxx.DLL tetap dibutuhkan. Namun karakteristik bahasa terkompilasi tetap muncul (ia lebih cepat dari kalau kita pakai mode terinterpretasi).

Visual Basic merupakan bahasa yang mendukung OOP, namun tidak sepenuhnya. Beberapa karakteristik obyek tidak dapat dilakukan pada Visual Basic, seperti Inheritance tidak dapat dilakukan pada class module. Polymorphism secara terbatas bisa dilakukan dengan mendeklarasikan class module yang memiliki Interface tertentu. Visual Basic (VB) tidak bersifat case sensitif. Selain itu Visual Basic juga mendukung Visual Programming

4.2 Kelebihan dan Kekurangan:
Kelebihan:

  • Perintah-perintah dalam bahasa VB juga sangat komplit dan di VB kita bisa dengan mudah membuat sebuah program tanpa harus mengetik bahasa program lagi, tetapi cukup mendesign interface/tampilan program dengan VB Editor yang terlah tersedia. Yang paling menarik dari VB terutama adalah tersedianya fasilitas ActiveX. ActiveX merupakan program/fasilitas tambahan yang bisa kita masukan/load ke dalam VB sehingga fasilitas dan kemampuan VB bisa terus meningkat. Selai itu bila kita ingin membuat tombol, lainnya Anda harus membuat code yang panjang hanya untuk membuat tombol saja. Selain itu source code, ocx VB dapat diperoleh di internet sangat banyak.

Kekurangan:

  • Didalam kelebihan pastinya sebuah software memiliki kelemahan, VB memiliki kelemahan yaitu VB tidak memiliki database sendiri dan biasanya VB mengunakan database seperti : mysql,sql server, microsoft access. Selain tidak memiliki database sendiri VB tidak punya pendukung untuk membuat report dari bawaan VB sendiri, tetapi vb menggandeng sebuah software lain contohnya crystal report ataupun Microsoft access untuk membangun sebuah laporan.

4.3 Aplikasi dalam Visual Basic

  • Pemrograman jaringan
  • Pembuatan aplikasi berbasis windows
  • Program untuk membuat web

Contoh Programnya:

Dim i As Integer

For i = 0 To 3

Console.Write(“*”)

Next

5. Bahasa Ruby
5.1 Sejarah
Ruby adalah bahasa pemrogaman scripting yang berorientasi objek. Tujuan dari ruby adalah menggabungkan kelebihan dari semua bahasa pemrogaman scripting yang ada di dunia. Ruby ditulis dengan bahasa C dengan kemampuan dasar seperti Perl dan Phyton.
Ruby pertama kali dibuat oleh seorang programmer Jepang bernama Yukihiro Matsumoto. Penulisan Ruby dimulai pada February 1993 dan pada Desember 1994 dirilis versi alpha dari ruby. Pada awal perkembangan Ruby, Yukihiro meulis Ruby sendiri sampai pada tahun 1996 terbentuk komunitas Ruby yang banyak mengkotribusikan Ruby.
5.2. Kelebihan dan Kekurangan
Kelebihan:

  • Sintaks sederhana
  • Memiliki Exception Handling yang baik
  • OOP
  • Single inheritance
  • Didukung oleh OS Linux, Windows, MacOS X, OS/2, BeOs, dan Unix.
  • Merupakan bahasa pemrograman scripting yang berorientasi objek
  • Memiliki garbage collector yang secara otomatis akan menghapus informasi tak terpakai dari memori

Kelemahan :

  • Multithreading. Implementasi thread di ruby masih berupa green thread, bukan native thread. Hal ini membuat aplikasi GUI (desktop) dengan background thread tidak mungkin diimplementasikan di ruby.
  • Virtual Memory, ruby masih fully interpreted sehingga program ruby cenderung lebih lambat.
  • Spek. saat ini spesifikasi ruby (syntax, behaviour, dll) adalah implementasi ruby yang asli dari matz.
  • IDE. Saat ini kualitas IDE untuk ruby masih jauh daripada .net dan java. Tapi dengan bermunculnya IDE ruby yang dibuat dengan java.net, kondisinya agak berubah. Tapi karena ruby bahasa yang sangat dinamis, sulit untuk bisa mendapatkan informasi secara lengkap mengenai struktur sebuah program ruby secara statis.

5.3 Aplikasi bahasa ruby

  • Implementasi besar Ruby pada JRuby dan Rubinius
  • Ruby dapat diterapkan pada teknologi Asynchronous JavaScript dan XML (AJAX).
  • Ruby on Rails untuk membuat framework web

Contoh programnya:
> Untuk pengulangan
# !/usr/bin/ruby

count=0
while count<10
puts “count=” +count.to_s
count +=1
end

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s