Cara Bikin Komputer Bebas Virus


TIPS KOMPUTER BEBAS VIRUS

Posted on 19.32.00 by Dunia Komputer



oskar bingung mau buat artikel apa. soalnya gak ada bahan sih! setelah lama mikir oskar akhirnya mbuat artikel ini artikel komputer bebas virus, oke! di artikel ini oskar akan menunjukan caranya. yaitu ada 2 yang pertama adalah PENCEGAHAN dan PEMBASMIAN. Selamat membaca!!!!

I. TIPS & TRIK JITU PENCEGAHAN masuknya VIRUS KOMPUTER

  • Non-aktifkan Autoplay. Dikarenakan virus komputer itu salah satunya memanfaatkan fasilitas Autoplay pada sistem windows dalam proses penyebarannya, maka non-aktifkanlah fasilitas Autoplay dengan urutan perintah di windows sebagai berikut: Pilih menu Start => Run (ketik: gpedit.msc) terus pilih OK, di tampilan Group Policy pilih Administrative Templates => System => pilih dengan klik ganda: Turn Off Autoplay, kemudian di tampilan Turn Off Autoplay Properties pilih Enable dan pilih Turn Off Autoplay on All Drives terus pilih OK. Dengan demikian, selanjutnya setiap kita memasukkan CD/Flashdisk/media penyimpanan eksternal lainnya, tidak akan lagi ada tampilan windows autoplay yang digunakan oleh kebanyakan virus dalam proses penyebarannya.
  • Non-aktifkan System Restore. Virus komputer juga dapat bersarang di System Restore Windows, meskipun secara kasat mata, virus sudah dihilangkan, namun sebenarnya virus tersebut masih bersarang lho… yaitu tadi di System Restore Windows. Nah Sahabat, langkah yang harus ditempuh untuk me-Non-Aktifkan System Restore Windows yaitu sebagai berikut: Pilih menu Start => Control Panel => System (di tampilan System Properties pilih System Restore dan pilih Turn Off System Restore on All Drives terus pilih OK).

  • Gunakanlah program komputer yang dapat mem-protect Drive ataupun settingan system windows, contohnya program Deep Freeze. Namun Sahabat harus berhati-hati yah dalam instalasi & penggunaan program ini, karena jika data disimpan bersamaan dengan Drive yang di protect, maka ketika komputer di Restart, datanya akan hilang dan settingan system windows akan kembali seperti semula. Untuk itu, dianjurkan pada saat instalasi program ini, protect Drive cukup Drive yang ada system windows-nya saja (Biasanya sih system windows adanya di Drive C:\) dan untuk data-data disimpan di Drive lainnya yang tidak di protect Drive-nya. Yang harus diketahui oleh Sahabat semua, cara kerja dari program proteksi windows ini adalah mem-protect seluruh yang ada di Drive dan tentunya juga memproteksi seluruh settingan system windows, seganas apapun virus komputer yang ada*), jika windows di-protect dengan program ini, settingan system windows yang notabene settingan ini adalah salah satu target serangan virus, tidak bakalan tembus oleh virus apapun meski di windows-nya tidak menggunakan anti virus lho…. wah hebat ya program komputer ini… kalau misal komputernya terkena virus, ya tinggal di Restart saja, maka settingan system windows akan kembali seperti semula sebelum ada virusnya. Dan jika Sahabat ingin mengubah settingan system windows/meng-install program komputer lainnya, maka program proteksinya dapat di non-aktifkan dulu ya…
  • Gunakan dan Update Anti Virus. Jika memori komputernya memadai/cukup besar, gunakanlah program Anti Virus yang Sahabat percayai dengan update-an terbaru, tidak perduli apapun merknya asalkan selalu di-update secara rutin, dan nyalakan Auto protect-nya. Namun, perlu diketahui oleh Sahabat semua, bahwasanya program anti virus ini akan sedikit/banyak memakai memori yang kita pakai lho… untuk itu, jika Sahabat akan memakai anti virus di komputernya dianjurkan komputernya memiliki memori yang cukup besar.
  • Scan Virus atau fungsikan Auto Protect. Jika sudah terdapat anti virus di komputernya, namun tidak diaktifkan Auto Protect-nya karena untuk menghemat memori komputer, maka disarankan untuk selalu men-scan/chek semua media penyimpanan data eksternal yang akan di gunakan (Flashdisk, CD, dsb), mungkin hal ini agak merepotkan tetapi jika Auto Protect anti virusnya bekerja maka prosedur ini dapat dilewatkan namun ya itu tadi akan mengambil bagian memori komputer yang kita pakai.
  • Jika komputer Sahabat terhubung langsung ke Internet, cobalah untuk mengaktifkan/mengkombinasikan Anti virus yang ada dengan Firewall, Anti Spamming, dsb.

II. TIPS & TRIK JITU PEMBASMIAN VIRUS KOMPUTER

  • Deteksi dan tentukan dimanakah kira-kira sumber virus tersebut apakah dari Flashdisk (Scan dengan Anti Virus), Internet (Aktifkan Firewall & Anti Spam), jaringan komputer, dsb. Jika komputer Sahabat terhubung ke jaringan, maka ada baiknya Sahabat mengisolasi komputer dulu (baik dengan melepas kabel jaringannya ataupun men-Disable langsung dari sistem windows-nya)
  • Identifikasi dan klasifikasikan jenis virus apa yang menyerang komputer Sahabat, dengan cara: Gejala yang timbul misalnya memunculkan pesan, file yang corrupt atau hilang dsb, maka Scan dengan anti virus yang ada, jika komputernya terkena saat Auto Protect berjalan dan virusnya tidak terdeteksi oleh Anti Virus yang ada, berarti virus definition/database Anti Virus di komputer Sahabat tidak/belum memiliki data virus ini, cobalah update secara manual atau men-download virus definition/database-nya untuk Sahabat install. Jika virus tersebut mem-blok usaha Sahabat untuk meng-update-nya, maka upayakan untuk menggunakan media lain (komputer lainnya) dengan anti virus update-an terbaru.
  • Jika setelah Sahabat berhasil mendeteksi dan mengenali virusnya, maka usahakan segera untuk mencari removal atau cara-cara untuk memusnahkannya di situs-situs yang memberikan informasi perkembangan virus. Hal ini jika antivirus update-an terbaru Sahabat tidak berhasil memusnahkannya. Ingat! Semua masalah itu ada solusinya, begitu juga dengan masalah virus. So… be calm coy!!!
  • Langkah TERBURUK, jika semua hal di atas tidak berhasil adalah mem-FORMAT/INSTALL ulang sistem operasi komputer Sahabat, namun perlu diingat! Jika di data-data komputer Sahabat masih ada virusnya, baiknya dihilangkan dulu virusnya ya supaya jika sesudah di Install ulang sistem operasi-nya tidak terkena virus lagi, kalo sudah clean virusnya, baru lakukanlah sesegera dan serutin mungkin untuk backup data.
About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s